Jumat, 07 Januari 2011

ujian compree

KISI-KISI MATERI UJIAN KOMPREHENSIP
JURUSAN PAI FAKULTAS TARBIYAH UIN MALIKI MALANG

No Kompetensi Dasar Unsur Kompetensi Dasar Indikator Hasil Belajar Sumber Ajar SKS
1 Kompetensi Pedagogiek (Kemampuan memahami landasan pendidikan dan pengelolaan pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki) 1. Menguasai landasan, dasar dan tujuan pendidikan Agama Islam
2. Menguasai aliran-aliran pendidikan dan filsafat serta implikasinya dalam pengembangan pembelajaran PAI
3. Menguasai teori belajar dan pembelajaran sebagai landasan dalam pengembangan kegiatan pembelajaran PAI 1. Mampu memahami konsep landasan, dasar dan tujuan Pendidikan Agama Islam
2. Mampu memahami beberapa aliran-aliran pendidikan dan teori belajar, aliran-aliran filsafat pendidikan dan pembelajaran dan dapat mengimplementasikan dalam proses pembelajaran
3. Mampu memahami paradigma pendidikan integratif 1. Dasar Dasar Pendidikan
2. Pengantar Pendidikan Agama Islam
3. Teori Belajar dan Pembelajaran
4. Filsafat Pendidikan Islam
5. Pendidikan Integratif (Tarbiyah Ulul Albab)
Menguasai perkembangan peserta didik : (1) fisik/biologis ; (2) kognitif, afektif dan psikomotor ; (3) moral ; (4) religi/kepercayaan ; Mengetahui perkembangan, karakter dan potensi peserta didik Ilmu Jiwa Perkembangan
3
1. Memahami perencanaan pembelajaran Menguasai penyusunan perencanaan pembelajaran

Perencanaan pembelajaran PAI
3
2. Terampil menyususn Silabus, Satuan pelajaran Dan rencana pembelajaran
1. Terampil dalam pembelajaran di kelas Mampu menerapkan proses pembelajaran yang efektif dan tepat sasaran PPL I 4
2. Menerapkan children centered
1. Terampil menerapkan berbagai strategi dalam pengembangan pembelajaran PAI Mampu melaksanakan pengembangan pembelajaran PAI yang humanis dan demokratis
Mampu menilai dan mengevaluasi proses pembelajaran 1. PPL II
2. Evaluasi Pembelajaran
3. Strategi Pembelajaran PAI
3



3
2. Bersikap toleran terhadap berbagai pendapat mahasiswa di kelas
3. Menguasai berbagai teknik evaluasi PAI
2 Kompetensi Kepribadian
(kemapuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan beraklak mulia) 1. Beriman dan bertaqwa kepada Allah swt. Mampu mengaktualisasikan diri sebagai guru PAI berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam

1. Kepribadian guru
2. Guru Profesional
3. Etika Profesi Guru PAI

4
2. Memiliki akhlak mulia, etos kerja, sifat terbuka, disiplin, ulet, tangguh dan bertanggungjawab
1. Memiliki visi personalitas yang kuat Mampu mendahulukan kepentingan orang lain dari pada kepentingan pribadi
2. Memiliki visi etik secara individu dan sosial
3. Tanggap terhadap kepentingan orang lain
3 Kompetensi Sosial
(Kemampuan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan mahasiswa, teman sejawat, pegawai dan stakeholders) 1. Menguasai konsep-konsep manajemen pendidikan Islam
2. Dapat bekerjasama dengan orang lain
1. Mampu mengimplementasikan kepentingan sosial dalam kehidupan sehari hari
2. Mampu mengimplementasikan konsep-konsep manajemen pendidikan Islam dalam hubungannya dengan PAI

1. Sosiologi Pendidikan
2. Sosiologi Agama 3
3. Proaktif dalam kegiatan kampus dan masyarakat
4. Memiliki kemampuan untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan diri sendiri, ancaman orang lain dan cerdas menciptakan peluang
1. Bersikap dewasa dalam menghadapi konflik Mampu menjadi pendidik humanis dan demokratis 1. Pendidikan Demokrasi
2. Pendidikan Humanis
3. Pendidikan Kewargaan 3
2. Memiliki sikap simpati, empati dan solidaritas tinggi
3. Bersikap demokratis dan menghargai pendapat orang lain
4. Berjiwa Pancasilais sebagai warga negara
4
Kompetensi Profesional
(Kemampuan menguasai materi perkuliahan secara mendalam dan luas yang memungkinkannya membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi) 1. Memiliki kemampuan penguasaan materi PAI secara mendalam yang dibuktikan dengan SK
2. Menguasai konsep dan kurikulum pengembangan PAI 1. Mampu mengembangkan materi kuliah sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan dunia kerja
2. Memahami konsep kurikulum dan pengembangannya 1. Pengembangan Kurikulum PAI
2. Pengembangan Bahan Ajar
3. Buku materi PAI
4. Buku Ajar Untuk MTs dan MA 3
1. Memiliki karya ilmiah sesuai dengan keahliannya Mampu menyusun buku, modul atau menyusun buku ajar 1. Teknik Penyusunan Modul
2. Modul Mata Kuliah
3
2. Memiliki kepercayaan masyarakat yang tinggi dengan dibuktikan adanya sertifikat
Menguasai, memahami dan menerapkan penelitian kualitatifdan kuantitatif Mampu mengembangkan penelitian sesuai dengan bidang keahliannya Buku-buku Penelitian 4
1. Aktif dalam kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu sesuai dengan bidangnya Mampu bekerja dan meningkatkan kariernya sesuai dengan standar profesional Pendidikan Profesi 3
2. Meningkatkan diri dalam
kinerja profesinya
3. Memiliki kominten untuk meningkatkan karier
4. Terlibat aktif dalam organisasi profesi
Jumlah 4 Kompetensi 33 Unsur Kompetensi Dasar 11 Kompetensi Lulusan 11 Mata Kuliah 39 SKS


Malang, 29 Maret 2010
a.n. Dekan
Pembantu Dekan Bidang Akademik,





Dr. H. Nur Ali, M.Pd
NIP. 196504031998031002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar